Jumat, 07 September 2018

contoh laporan individu KKN

LAPORAN INDIVIDUAL
KULIAH KERJA NYATA
ANGKATAN XXV
POTENSI MASYARAKAT DESA KRASAK DALAM PENGEMBANGAN PEREKONOMIAN GUNA LEBIH MEMAJUKAN DAN MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT



Disusun oleh
Nama                       : Sofiyatun Nur Khasanah
NIM                          : 1415202100
Kelompok               : 81
Desa/Kecamatan   : Krasak/Brebes
DPL                          : Dr. Sugiarto, S.H, M.H

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
(LPPM)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2018

LEMBAR PENGESAHAN



Laporan KKN PAR (Participatory Action Research) Desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes ini telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan dipresentasikan di hadapan penguji pada tanggal…………….., serta dilakukan beberapa pertimbangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Disahkan pada...................... 2018


Dosen Pembimbing Lapangan,                                               Peneliti/penulis



Dr. Sugiarto, S.H, M.H                                                Sofiyatun Nur Khasanah
NIP.                                                                                  NIM 1415202100

Mengesahkan:

Ketua LP2M,                                                                                       Penguji





Dr. H. Bambang Yuniarto, M. Ag                                                                        
NIP.19630618 199603 1 001                                                              NIP:


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat dan karunia-NYA, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) PAR IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan tahun 2018 tepat pada waktunya. Laporan ini disusun berdasarkan hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kami yang dilaksanakan selama 40 hari terhitung sejak tanggal 10 Juli 2018 sampai dengan 20 Agustus 2018 yang bertempat di desa Krasak Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes.
            Kami mengucapkan terima kasih atas segala bantuan, dukungan, motivasi, nasehat dan bimbingan kepada:
1.        Dr. H. Sumanta, M. Ag selaku Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
2.        Jajaran Pemerintahan Kecamatan Brebes dan Kabupaten Brebes .
3.        Dr. H. Bambang Yuniarto, M. Ag selaku ketua LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
4.        Dr. Sugianto, S.H, M.H, selaku dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
5.        Bapak Tanuri, Amd, selaku Kepala Desa Krasak
6.        Jajaran Perangkat Desa, Seluruh warga Desa Krasak dan pihak yang terkait.
7.        Orang tua dan keluarga kami tercinta.
8.        Tim KKN PAR Desa Krasak.
9.        Seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
            Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saran dan kritikan yang membangun sangat kami harapkan. Kami, selaku tim KKN Posdaya IAIN Syekh Nurjati Cirebon angkatan tahun 2018 meminta maaf kepada semua pihak atas segala kesalahan dan kekurangan kami dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini.
            Semoga laporan ini bermanfaat bagi penyusun khususnya dan semua pihak yang terkait pada umumnya.

                                                                                                Cirebon, September 2018
                                                                                   
Penulis






 
 

  
  

DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan                                                                                     i
Kata Pengantar                                                                                              ii
Daftar Isi                                                                                                         iv 
BAGIAN I
Latar Belakang                                                                                               1
BAGIAN II
Topik/Masalah                                                                                              2
BAGIAN III
Tujuan                                                                                                             3
BAGIAN IV
Letak Geografis, Ekonomi, Politik, Dan Pendidikan                            4
BAGIAN V
Analisis Masalah                                                                                           6
BAGIAN VI
Usulan dan Rekomendasi                                                                           7
LAMPIRAN FIELDNOTE                                                                           8
 



BAGIAN I
LATAR BELAKANG

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, yang merupakan salah satu cara menerapkan apa yang sudah didapatkan saat perkuliahan berlangsung.  KKN dapat dikatakan sebagai suatu wadah perkuliahan yang tidak mengutamakan teori lagi, tetapi lebih mengutamakan dan mengarahkan praktik dalam masyarakat.
Spesifikasi kegiatan KKN ini diprioritaskan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat  yang dimuat khusus dalam tema Belajar Bersama Masyarakat, dengan tujuan agar dapat berkembangnya rasa kepekaan sosial, membantu dan ikut andil dalam kegiatan masyarakat, serta berpartisipasi dalam berbagai hal yang bersangkutan dengan masyarakat.
KKN bagi mahasiswa diharapkan dapat menjadi suatu pengalaman tersendiri yang dapat menambah pengetahuan, kemampuan, dan kesadarab hidup bermasyarakat. Bagi masyarakat, kehadiran mahasiswa diharapkan mampu memberikan motivasi dan inovasi dalam bidang sosial kemasyarakatan. KKN mempunyai empat kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat, pemerintah daerah dan perguruan tinggi. Bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata mempunyai sasaran untuk membina mahasiswa agar menajdi motivator dan inovator. Sasaran bagi masyarakat dan pemda adalah untuk memperoleh bantuan pemikiran, tenaga, serta IPTEK dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Terahir, sasaran bagi perguruan tinggi adalah untuk memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dalam masyarakat.

BAGIAN II
TOPIK/MASALAH

Topik/masalah yang penulis angkat sesuai dengan jurusan adalah tentang perekonomian Desa Krasak. Dari data selama penelitian berlangsung, salah satu potensi yang dijumpai dan mampu untuk dikembangkan dalam masyarakat yaitu dari sektor pertanian. Pertanian di Desa Krasak bisa dibilang sudah cukup maju, terbukti dengan adanya POKTAN dan GAPOKTAN, kemudian penghasilan masyarakat desa krasak mayoritas didapatkan dari pertanian (selain yang merantau). Namun, dari sekian banyak jenis tanaman yang ditanam seperti bawang, cabai, padi dll mayoritas masyarakat desa Krasak lebih memilih tanaman bawang sebagai komoditi yang paling utama. Banyak sekali hambatan-hambatan dan permasalahan yang berkenaan dengan perekonomian masyarakat desa Krasak, salahsatunya adalah rendahnya harga bawang.











BAGIAN III
TUJUAN
Perekonomian adalah sesuatu hal yang penting bagi kemajuan suatu negara, karena salah satu aspek penilaian maju atau tidak nya suatu negara dilihat dari segi pembangunan ekonominya. Dalam hal ini khusus nya masyarakat Desa Krasak, sudah diakui bahwa sebagian besar pendapatan mereka berasal dari sektor pertanian, oleh karena itu tujuan dari adanya analisis ini adalah untuk mencapai tingkat kesejahteraan perekonomian kehidupan dalam masyarakat, karena masyarakat desa Krasak sudah amat kental dan terbiasa dengan pekerjaan mereka sebagai petani.

  











BAGIAN IV
LETAK GEOGRAFIS, EKONOMI, POLITIK, DAN PENDIDIKAN
A.    LETAK GEOGRAFIS
Secara Administratif Desa Krasak adalah salah satu dari 23 Desa di Wilayah Kecamatan Brebes bagian Kabupaten Brebes, memiliki luas wilayah 166.920 Ha. Desa Krasak berbatasan dengan beberapa desa yaitu :
1)      Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Wangandalem Kecamatan Brebes
2)      Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Lembarawa Kecamatan Brebes
3)      Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Kalimati Kecamatan Brebes
4)      Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Banjarayar Kecamatan Brebes
Desa Krasakyang beriklim kemarau dan penghujan inisebagian besar lahannya adalah sawah dengan luas 118.415 Ha, sementara seluas 39.360 Ha adalah lahan pemukiman warga.
B.     EKONOMI
Keadaan ekonomi di Desa Krasak dilihat dari mata pencaharian  masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai petani dan pedagang. Selebihnya berprofesi sebagai buruh kerja, merantau ke kota-kota besar. Sedangkan ibu-ibu sebagai ibu rumah tangga di rumah masing-masing. Beberapa masyarakat yang bekerja sebagai petani telah memiliki lahan pertaniannya sendiri..
Untuk masyarakat yang bekerja sebagai petani, kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan hasil pertanian saja, sehingga ketika musim panen tiba kehidupan ekonomi naik 90% bagi yang memiliki lahan pertanian. Untuk masyarakat yang bekerja sebagai pedagang, mereka mengandalkan dari penjualan barang dagangannya.
C.     POLITIK
Kondisi politik di Desa Negla cukup kondusip ditandai dengan tidak adanya kerusuhan antar warga ketika pemilihan kepala desa. Dan antar warga saling menerima hasil perhitungan suara pemilihan kepada desa dengan lapang dada. Warga yang mendukung calon kepala desa yang kalah dalam pemilihan menerima dan mendukung kepala desa yang menang.
D.    PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan lembaga yang terpenting dalam menciptakan Sumber Daya Manusia berkualitas. Peningkatan kualitas manusia sebagai sumber daya pembangunan merupakan prasarana utama untuk memperbaiki derajat kesejahteraan masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Krasak dapat dikatakan belum cukup memadai, jika ditilik dari adanya lembaga pendidikan formal terdiri dari tiga SDN (Sekolah Dasar Negeri), belum ada lembaga pendidikan lebih tinggi dari SD seperti SMP atau SMA. Adapun dengan lembaga non formal terdiri satu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), satu TK (Taman Kanak-Kanak) dan satu Madrasah Diniyah (Hidayatul Muta’allimin). Hal ini menunjukan bahwa lembaga pendidikan di desa ini belum banyak. Namun apabila dilihat dari segi fasilitas pembelajaran kegiatan pendidikan di sekolah terutama di SD, masih dirasakan belum cukup misalnya kesediaan ruang kelas yang kurang memadai. Adapun sama halnya PAUD, TK dan Madrasah Diniyah dengan prasarana pembelajaran yang belum memenuhi standar.



BAGIAN V
ANALISIS MASALAH
Pertanian merupakan mata pencaharian yang paling dominan dilakukan oleh masyarakat Desa Krasak. Dalam sektor pertanian, pendistibusian hasil panen (bawang) mereka masih menggunakan jasa tengkulak/bandar sehingga hasil dari penjualan tersebut tidak sesuai dengan yang mereka harapkan, dalam artian hasil penjalan tersebut lebih kecil dari keseluruhan modal yang mereka keluarkan.
Permasalahan dalam bidang ekonomi bukan hanya terletak pada rendahnya harga jual melalui tengkulak/bandar saja, akan tetapi hal lain yang menyebabkan rendahnya harga jual bawang adalah adanya hama yang menyerang lahan pertanian. Banyak masyarakat yang tidak mampu membeli obat hama (semacam pestisida) dikarenakan harga nya yang sangat mahal dan hanya sekali pakai. Sehingga para petani terpaksa mempercepat masa paenennya, tentu saja hal tersebut mengakibatkan kerugian, rendahnya kualitas bawang dan murahnya harga bawang.










BAGIAN VI
USULAN DAN REKOMENDASI
Dalam hal perekonomian yang menyangkut pendapatan masyarakat Desa Krasak, apalagi sektor pertanian dan mengingat bahwa bawang  menjadi komoditi yang utama, maka perlu diadakannya sebuah perubahan dalam sektor industri, yaitu pembuatan siwang (terasi bawang). Pembuatan siwang ini bisa dilakukan oleh siapapun, utamanya ibu rumah tangga. Karena selama penelitian penulis banyak menjumpai bawang –bawang yang di letakkan didepan rumah (biasanya menunggu tengkulak datang dan kadang ada yang untuk dikonsumsi sendiri), maka penulis mengusulkan didirikannya home industry. Pendirian home industry ini dimaksudkan agar selain pendapatan dari hasil penjualan bawang, mereka juga bisa mengandalkan mengolah bawang dengan memilih bawang kualitas bagus untuk di masak dan dijadikan siwang (terasi bawang) yang kemudian bisa didistribusikan ke pasar ataupun ke toko-toko. Sehingga diharapkan keuntungan yang mereka dapatkan lebih besar dari biasanya.
Selain itu, berhubung POKTAN dan GAPOKTAN di Desa Krasak dikatakan pasif, maka perlu dilakukan gerakan atau gubrakan oleh pemerintah desa, semisal seperti sosialisasi pentingnya peran POKTAN dan GAPOKTAN dalam memajukan ekonomi masyarakat dan desa.







LAMPIRAN FIELDNOTE
Kode file       :KKN/Pelepasan/2018
Judul              : Pelepasan Mahasiswa KKN
Informan       : Dosen dan Mahasiswa
Lokasi            : IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Waktu            : Selasa, 10 Juli 2018/ Jam 07.00 – 11.00 WIB
            Pada waktu Pagi sekitar pukul 07.00 WIB, kami kumpul di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon atau tepatnya di gedung pasca sarjana untuk mengikuti upacara pelepasan mahasiswa KKN IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bertempat di lapangan depan gd.rektorat.
Kode File       : Spanduk/Data/2018
Judul              : Pemasangan Spanduk di Balai Desa dan Pengumpulan Data
Informan       : Dinas Pertanian, Perangkat Desa serta Kelompok Tani
Lokasi            : Balai Desa Krasak
Waktu            : Rabu, 11 Juli 2018/Jam 09.00 – 12.00 WIB
            Kegiatan kami di hari rabu jam 9 pagi ialah tentang pemasangan spanduk kkn di area balai desa untuk mengetahui dan memberitahu warga khususnya bahwasanya sedang diadakan kegiatan kkn di desa krasak.
            Sementara dalam pemasangan banner kami ditemani oleh perangkat desa yaitu Pak Nurcahya selaku kepala dusun yang menemani atau membantu dalam pemasangan banner di area balai desa krasak. Setelah semua tugas sudah selesai daya dan teman-teman berkumpul sebentar di balai desa untuk berbincang-bincang dengan perangkat desa disana. Acara ditutup dengan dokumentasi didepan balai desa krasak.
Kode File       : IPNU/IPPNU/Pengajian/2018
Judul              : Pembentukan Kegiatan Posluhdes, dan Menghadiri Undangan IPNU dan IPPNU
Informan       : Dinas Pertanian, Perangkat Desa serta Kelompok Tani
Lokasi            : Balai Desa Krasak
Waktu            : Kamis, 12 Juli 2018/Jam 08.00 – 12.00 WIB dan Jam 19.00 – 21.00 WIB
            Setelah mendapat surat perwakilan dari kami sudah siap untuk berangkat ke balai desa menghadiri acara pembentukan posluhdes. Dalam acara tersebut kelompok kami tidak semua anggota ikut karna sudah dibagi di setiap kegiatan ada yang menghadiri posluhdes sementara lainnya ikut terjun ke masyarakat untuk wawancara sembari memperkenalkan bahwa kami mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon sedang melakukan KKN di desa Krasak. Kegiatan kami yang selanjutnya ialah Menghadiri undangan dari IPPNU dan IPNU.
Kode file       : HUT RI/73/DPL
Judul             : Kunjungan DPL, Rapat Pembentukan Panitia HUT RI ke-73, dan Kunjungan Ke Rumah Perangkat Desa
Informan       : DPL, Panitia HUT RI, dan Bu lurah
Lokasi            : Balai Desa Krasak, Rumah Ibu Lurah
Waktu            : Jumat, 13 Juli 2018/ Jam 07.00 – 12.00 WIB dan Jam 19.00 – 21.00 WIB
            Pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB saya dan teman-teman saya mempersiapkan diri untuk ke balai desa karena sudah ada dosen pembimbing kami yang sudah menunggu disana. Malam harinya di balai desa kami selaku mahasiswa KKN di undang menghadiri acara pembentukan panitia HUT RI ke-73 yang bertempat di balai desa krasak jam 8 malam. Sehabis magrib saya dan teman-teman menuju ke balai desa untuk menghadiri acara tersebut karna di balai desa masih belum ada yang datang kami pun menyempatkan untuk solat isya terlebih dahulu di masjid Al-farrhan yang berada di samping Balai desa krasak. sembari menunggu ada perangkat desa yang datang kami juga berbincang-bincang dengan DKM masjid Al-farhaan mengenai aktivitas masjid selama ini.
Kode File       :Penyuluhan/PKK/2018
Judul              :Arisan dan Penyuluhan Bahaya Kanker Serviks
Informan       : ibu – ibu PKK
Lokasi            :Balai Desa Krasak
Waktu            : Sabtu, 14 juli 2018/ jam 16.00-18.00
            Sore itu kami di undang untuk menghadiri agenda bulanan ibu – ibu PKK di Desa Krasak, yaitu acara Arisan sekaligus Penyuluhan Bahaya kanker serviks. Ibu Rahmi sebagai ibu lurah desa krasak memanfaatkan moment Arisan dengan cerdas.
Kode File       :Jogging/Sawah/Panen
Judul              : Melebur bersama masyarakat
Informan       : masyarakat
Lokasi            : Desa Krasak
Waktu            : Minggu, 15 juli 2018
            Sepanjang jalan, kanan kiri kami adalah hamparan sawah luas. Banyak petani sudah sibuk dengan kegiatannya masing masing. Ada yang memupuk, nyiram (menyiram tanaman), ngrambas (mencabut rumput pengganggu tanaman) dan tentu saja memanen bawang merah. Sambil mengendurkan otot kaki kami memutuskan untuk menghampiri tiga ibu petani yang sedang memanen bawang merah, dan kami menyempatkan berbincang -  bincang dengan tiga ibu petani tersebut.
Kode File       :MDTA/Krasak/Anak-anak/2018
Judul              :Silaturahmi ke Madrasah Diniah Desa Krasak
Informan       :Ali shadikin
Lokasi            :Desa Krasak
Waktu            : Senin, 16 juli 2018
            Hari itu kami menyampatkan diri untuk berkunjung kesalah satu Instalasi pendidikan yang ada Di Desa Krasak, yaitu Madrasah Diniyah Terpadu Anak. Madrasah ini baru kembali berjalan setelah sebelumnya sempat berhenti karena kurangnya tenaga mengajar. Dan satu tahun belakang Ali shadikin bersama Jaelani yang merupakan alumni salah satu pondok pesantren di Jawa Tengah, mengajak teman teman lainya yang juga seorang santri untuk bersama – sama menghidupkan kembali madrasah satu satunya di desa Krasak, dan setelah berjalan kembali selama satu tahun mereka berhasil menarik minat orang tua untuk menitipkan anaknya untuk belajar ilmu agama di Madrasah Diniyah Desa Krasak tersebut. 
Kode File       : Lokakarya/Desa/Krasak
Judul              : Lokdes
Informan       : 1. Pak Wirsad (perwakilan perangkat desa)
2. Pak Budi, Pak Beni dan Yulia (perwakilan karang taruna),
3. Gunawan (perwakilan IPNU)
Lokasi            : Balai Desa Krasak
Waktu            : Selasa, 17 Juli 2018
Kami sangat berterimakasih kepada perwakilan anggota karang taruna, anggota IPNU dan IPPNU serta perangkat desa yang berkenan hadir dalam acara lokdes yang kami adakan. Selama kegiatan berlangsung kami menyampaikan tujuan kami kepada mereka, kami juga mengutarakan bahwa kami bermaksud meneliti mengenai desa krasak. Selama hampir seminggu ini kami sudah berkeliling di Desa Krasak. Mendengar berbagai keluhan dari masyarakat. Sehingga dalam acara lokdes ini, kami berharap perwakilan perangkat desa dan pemuda desa Krasak bisa membantu kami untuk menemukan alternatif solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada di Desa Krasak.
Kode file       : Kesehatan/Posyandu/Krasak
Judul              : Partisipasi dalam kegiatan posyandu
Informan       : Ibu lurah
Lokasi            : Rumah warga di RW 03 RT 06
Waktu            : Selasa, 17 Juli 2018
Sebelumnya , ibu lurah telah memberitahu kami bahwa di Desa Krasak akan ada kegiatan posyandu. Posyandu di Desa Krasak sendiri diadakan setiap hari selasa, dan setiap minggunya selalu ada rolling untuk tempat pelaksanan. Sehingga tempat kegiatan posyandu setiap minggunya berbeda beda. Minggu ini kebetulan Posyandu di Desa Krasak bertempat di salah satu rumah warga di RW 03 RT 06.
Kode File       : Kadus/Silaturahmi/Pak Tobari
Judul              : Kunjungan ke rumah Bapak Tobari (Kadus II)
Informan       : Bapak Tobari dan Istrinya
Lokasi            : Rumah Bapak Tobari
Waktu            : Rabu, 18 Juli 2018
Setelah beradaptasi dengan msayarakat sekitar di desa krasak. saya dan teman teman pergi menuju rumah Bapak Tobari selaku kadus II di Desa Krasak. Kami sampai di rumah Pak Tobari sekitar pukul 1 siang, namun kami hanya bisa berbincang dengan istrinya, karena kebetulan Pak Tobari sedang ada di luar rumah. Tujuan kami bertamu adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan rutin Ibu Pkk, beliau merekomendasikan kami agar dapat mengikuti pengajian yang diikuti oleh ibu PKK setiap minggunya. Sehingga kami menjadikan istri Pak Tobari sebagai jembatan penghubung, agar kami dapat bertemu langsung dengan ibu Lurah guna meminta ijin untuk terlibat langsung dengan kegiatan rutin Ibu PKK.
Kode File       : SD 01/Krasak/2018
Judul              : Mengunjungi SDN 01 Krasak
Lokasi            : SDN 01 Krasak
Waktu            : Kamis, 19 Juli 2018 Pukul 08.00 sd selesai
Setelah hari sebelumnya meminta izin kepada kepala sekolah, kegiatan pertama yang kami lakukan pada hari ini adalah mengunjungi SDN 01 Krasak. Kunjungan ini diadakan dalam rangka pengenalan dan pendekatan dengan anak-anak di SD tersebut. Sebagai tahap awal, saya dan teman-teman yang lain memperkenalkan diri satu-persatu secara bergantian, dengan menampilkan slide yang berisikan profil dan motto hidup. Kemudian pada malam hari nya, kami semua menghadiri undangan pengajian dari IPNU dan IPPNU Desa Krasak, kegiatan pengajian itu berlangsung sampai jam 10 malam. Alhamdulillah, semua kegiatan hari ini berjalan dengan lancar.
Kode File       : SD 02/SD 03/Krasak
Judul              : Mengunjungi SDN 02 dan 03 Krasak
Lokasi            : SDN 02 dan 03 Krasak
Waktu            : Jumat, 20 Juli 2018 Pukul 08.00 sd selesai
Tidak jauh berbeda dengan kegiatan hari sebelumnya, hari ini agenda kita adalah mengunjungi SD N 02 dan SD N 03 Krasak. Berhubung hari ini kita mengunjungi 2 SD, di karenakan hari jumat dan agar lebih mengefesiensikan waktu maka dalam mengunjungi kedua SD tersebut kita membagi kedalam 2 kelompok.
Adapun rencana kegiatan yang kami lakukan tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya, yaitu pengenalan, pendekatan dan pemutaran video-video motivasi.
Kode File       : SD N/03/Krasak
Judul              : Mengunjungi SDN 03 Krasak dan Rapat DKM
Lokasi            : SDN 01 Krasak dan Masjid al-Farhan
Waktu            : Sabtu, 21 Juli 2018 Pukul 08.00 sd selesai
Untuk kegiatan hari sabtu ini, berhubung hari sebelumnya melakukan kunjungan di SD N 03 Krasak menurut kita kurang kondusif, maka di hari ini kita melakukan kunjungan kembali di SD tersebut. Sama saja, kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di hari ini adalah sama dengan kegiatan kemarin. Kemudian untuk malam hari nya, kita menghadiri undangan rapat dari pengurus DKM Masjid al-Farhan. Tidak lain rapat tersebut membahas mengenai agenda rutinan pengajian di Masjid al-Farhan.
Kode File       : Seminar/Hukum/Senam
Judul              : Rapat Persiapan dan Pembentukan Panitia Penyuluhan Hukum
Lokasi            : Rumah Kontrakan
Tanggal         : Selasa, 24 Juli 2018
            Rapat persiapan pembentukan panitia penyuluhan hukum ini dilakkan karena memang atas dasar perintah dosen pembimbing kami yang sebelumnya sudah memberitahu bahwa kamilah yang akan menjadi panitia untuk acara tersebut.
Kode File       : SD N/02/Krasak
Judul              : Senam Di SD N 02 Krasak
Lokasi            : Sd N 02 Krasak
Tanggal         : Rabu, 25 Juli 2018
            Sesampainya di Sekolah, Kami langsung mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam kegiatan senam, yaitu Semacam Speaker dan tentunya musik untuk senamnya. Anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti senam, bisa dilihat dari gerakan yang mereka lakukan untuk meniru apa yang kami peragakan, yaitu sangat semangat dan energik.
Kode File         : Seminar/Hukum/Desa Krasak/01
Judul                : Persiapan Seminar Penyuluhan Hukum
Lokasi              : Desa Krasak, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tanggal           : Kamis, 26 Juli 2018
            Dalam rutinitas untuk kegiatan kali ini kami selaku mahasiswa KKN IAIN SNJ Cirebon memiliki agenda yang cukup padat, pemantapan hari ini yakni terfokus pada persiapan penyuluhan hukum pada tanggal 29 Juli mendatang, untuk mngefektivkan waktu kami pun terus mempercepat kinerja dengan langsung membuat undangan untuk siapa saja yang nanti akan kami undang, selain itu kami juga sudah memesan beberapa snack untuk kegiatan seminar nanti.
Kode File         : Gotong Royong/Masyarakat/Krasak
Judul                : Senam Pagi Dan Kegiatan Kerja Bakti Bersama Masyarakat Setempat Untuk Persiapan Akreditasi Puskesmas
Lokasi              : Desa Krasak, Kabupaten Brebes
Tanggal           : Jumat, 27 Juli 2018
Setelah selesai senam, kegiatan dilanjut dengan melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat yang langsung dikomandoi oleh perangkat desa, kegiatan kerja bakti ini dilakukan perihal persiapan akreditasi puskesmas yang terletak didesa kali kabupaten brebes, Ini menarik, puskesmas itu letaknya cukup jauh dari tempat tinggal kami di desa krasak, kurang lebih 3 KM atau lebih tepatnya terletak didesa kalimati, namun kenapa desa kami mendapat himbauan mengenai sosialisai kerja bakti tersebut, hal ini dikarenakan dari kantor pusat saat melaksanakan kegiatan itu arah startnya dimulai dari desa Banjaranyar, desa ini termasuk masih tetangga desa dengan desa Krasak, setelah Krasak nanti akan mengarah pada Desa Lembarawa, barulah setelah itu masuk Desa Kalimati, tempat dimana proses akreditasi itu akan berjalan. Itulah mengapa desa-desa yang lalu telah disebutkan tadi menjadi fokus perhatian, karena dilalui oleh mereka yang andil dalam progres pelaksanaan akreditasi.
Kode File         : Undangan/Lembarawa/Lokdes
Judul                : Menghadiri Lokdes Lembarawa, Menyebar Undangan Dan Mengisi Kegiatan Pengajian Rutin Masjid Al-Farhan
Lokasi              : Desa Krasak, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tanggal           : Sabtu, 28 Juli 2018
            Rutinitas kembali dimulai dengan pembicaraan ringan di posko, tentunya pembicaraan ini membahas perihal seminar penyuluhan, terutama untuk pembagian undangan dari kepanitiaan seksie humas, selain ada perwakilan dari keolmpok kami mendapat undangan dari tetangga desa yakni Desa Lembarawa atas pelaksanaan lokdes siang nanti, adapun malam harinya kami mengikuti kegiatan mingguan yakni pengajian rutin yang di isi oleh rekan kami atas nama Dihan Fahri Muhammad.
Kode File       : Seminar/81/Dpl/Kapolsek
Judul                : Seminar Penyuluhan Hukum
Lokasi              : Desa Krasak, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Tanggal           : Minggu, 29 Juli 2018
Dan sekarang di tanggal 29 Juli 2018 merupakan saat yang paling ditunggu oleh kami selaku kepanitiaan, yakni penyelenggaran seminar penyuluhan hukum dengan tema, “Sosialisai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum Untuk Masyarakat.” kegiatan ini termasuk dalam agenda penting selain lokdes dan akreditasi, kegiatan dimulai dari jam 2 siang sampai dengan selesai.
Kode File         : Pengajia/Undangan/Lurah
Judul             : Pengajian Ibu-Ibu
Lokasi            : Rumah Ibu Tuningsih
Waktu            : Senin, 30 Juli 2018, 14:00
Sesampainya di rumah shohibul hajat, para warga telah berkumpul dan acara sudah dimulai. Kami dipersilahkan masuk dan duduk berbaur dengan masyarakat. Pengajian yang diselenggarakan diawali dengan pembacaan dibaiyah yang dibaca bergilir tak terkecuali dengan perwakilan kelompok kami yang pada saat itu hadir dan menyimak jalannya pengajian. Sebelum dibaiyah berakhir diselingi pembacaan surat yasin dan ceramah yang diisi oleh ustad setempat. Setelah ceramah usai barulah dibaiyah diselesaikan.
Kode File       : Izin/Senam/Sd N Krasak
Judul : Perizinan Senam
Lokasi            : Sdn 01 Dan 03 Krasak
Waktu            : Selasa, 31 Juli 2018
Setelah sebelumnya mengadakan senam di SDN 02 Krasak, kami memutuskan untuk mengadakannya juga di SDN 01 dan 03. Maka pada hari Selasa perwakilan dari kelompok 81 berkunjung ke masing-masing SD untuk mengurus perizinannya. Kebanyakan setiap SD memang sudah memiliki jadwal senamnya masing-masing, maka kami hanya turut andil dalam kegiatan tersebut dengan memberikan beberapa gerakan senam baru, yaitu senam pinguin, sipong dan maumere.
Sambutan hangat yang kami terima dari masing-masing sekolah membuat kami dengan senang hati mengikuti kegiatan senam. Untuk jadawalnya sendiri, pihak sekolah mau mengikuti saran dari pihak kami agar tidak terjadi bentrok jadwal yaitu hari Rabu di SDN 03 Krasak, Kamis di SDN 01 Krasak, dan Jumat di SDN 02 Krasak.
Kode File       : Perdana/ Sd 02/ 03
Judul             : Senam Perdana
Lokasi            : Sdn 02 Dan 03 Krasak
Waktu            : Rabu, 01 Agustus 2018
Seperti diceritakan sebelumnya, sempat terjadi bentrok jadwal antara SDN 02 dan 03 Krasak, karena SDN 02 menyelenggarakan senam 2 kali dalam seminggu. Maka, untuk memenuhi tanggung jawab, kami membagi tim menjadi 2. Satu tim menuju SDN 02 dan tim lain menuju SDN 03.
Kode File                   : Pengajian/Warga/81
Judul              : Senam Dan Pengajian
Lokasi                        : Sdn 01 Krasak Dan Rumah Warga
Waktu                        : Kamis, 02 Agustus 2018
Berbeda dari 2 SD sebelumnya, untuk SDN 01 kami datang sebagai full team karena memang tidak ada bentrok jadwal dengan SD manapun. Seperti biasa, kami menyiapkan barisan dan sound terlebih dahulu. Sama seperti SDN 02 dan 03, kami memutar 3 jenis senam baru, yaitu pinguin, sipong dan maumere. Namun, sebelum kami melakukan senam baru, pihak sekolah memutar lagu senam lama yang biasa mereka gunakan untuk kegiatan senam.
Malamnya, kami memutuskan untuk menghadiri acara pengajiannya. Yang hadir dipengajian itu ada 4 orang yaitu Resti, Rahma, Finy, dan Sofi untuk menghadiri acara pengajian ibu Ani malam itu.
Kode File                   : Lokcam/Brebes/2018
Judul                          : Gladi Bersih Loka Karya Kecamatan (Lokcam)
Lokasi                        : Baperlisbangda
Waktu                        : Minggu, 05 Agustus 2018
Pada tangal 05 Agustus 2018, kami melakukan gladi bersih lokakarya kecamatan (lokcam) yang diadakan di Baperlisbangda kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Kami berangkat pada pukul 09.00 wib-15.00 wib. Tidak semua anggota kelompok mengikuti gladi bersih di baperlisbangda, hanya perwakilan saja yang mengikuti gladi bersih. Anggota kelonmpok yang lain berada di posko. Ada yang ke desa untuk minta data desa, dan ada yang di posko masak-masak untuk makan bersama.
Kode File                   : Brebes/Lokakarya/Mahasiswa
JUDUL                       : LOKCAM
LOKASI                    : Baperlitbangda
WAKTU                    : Senin, 06 Agustus 2018
            Setelah melakukan gladi bersih pada tanggal 05 agustus 2018 kemarin, lokcam pun dilaksanakan pada tanggal 06 Agustus 2018 di Baperlitbangda. Peserta lokcam dihadiri oleh mahasiswa KKN yang berada di kabupaten Brebes. Tiap-tiap desa mengangkat masalah-maslah yang ada didesanya yang telah mereka angkat ketika lokdes. Dan Desa Krasak mengangkat permaslahan mengenai sampah dan hama bawang. Dalam lokcam semua permasalahan dibahas dan dicarikan solusi nya secara bersama.
Kode File                   : HUT/ RI/ 73/Panitia
Judul                          : Rapat Hut RI
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        : Rabu, 08 Agustus 2018
Rabu malam tanggal 08 Agustus 2018 kami rapat kembali bersama ketua Karang Truna dan jajarannya untuk membahasa tentang pendanaan untuk acara lomba HUT RI Yang ke-73 dan kesepakatan yang akan di lombakan di acara HUT RI 2018 di Desa Krasak. Dan Alhamdulillah lomba-lomba tersebut telah di sepakati oleh ketua Karang Taruna dan jajarannya. Selain membahas tentang pelaksanaan lomba juga membahas mengenai karnaval kemerdekaan . selain itu juga membahas tentang pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-73. Dan dari hasil rapat tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa sebagian besar yang menjadi petugas upacara adalah mahasiswa KKN.
Kode File                   : Olahraga/Senam/Krasak 02
Judul                          : Senam Bareng
Informan                   : Ibu Kepala Sekolah Sd Krasak 02
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        : Jumat, 10 Agustus 2018/Jam 07-00 – 17.00
Tepat pukul 07.00 kami melakukan kegiatan senam bersama di sd krasak 02, kami senang antusias mereka sangat tinggi, mereka mau mengikuti kegiatan yang kami lakukan. Senam kita lakukan sampai jam 08.00, satu jam cukup untuk berolah raga, dan mereka terus ingin melanjutkan senam itu walau sudah terasa lelah dan matahari mulai terasa menyengat. Sebagian dari kami melakukan survei mengenai tong sampah dan pembuatan plang gang yang telah didiskusikan kelompok.
Kode File                  : Lomba/Pkk/17-An
Judul                          : Partisipasi Kegiatan Pkk
Informan                   : Ibu Lurah
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        : Sabtu, 11 Agustus 2018/Jam 14-00 – 22.00
Sebelumnya kami telah di beri tahu bahwasannya kami di minta mengikuti kegiatan lomba pkk sebagai juri perlombaan. Tepat pukul 14.00 kami datang dan disana telah berkumpul ibu-ibu yang akan mengikuti perlombaan. Tempatnya dibalai desa, bukan hanya ibu-ibunya saja yang datang bahkan pak lurah, carik dan perangkat desanya lainnya pun datang ikut serta ambil bagian sebagai panitia dalam menangani peralatan bagia yang berat. Kami sangat senang mengikuti kegiatan tersebut sembari silaturahim dan perkenalan secara tidak langsung, serta mereka menyambut hangat kita.
Kode File                   : Jalan/Krasak/Plang
Judul                          : Pembuatan Plang
Informan                   : Pak Nur Cahya
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        : Minggu, 12 Agustus 2018/Jam 06-00 – 17.30
Sebelumya kami telah berdiskusi dan meminta solusi dan ijin kepada pihak desa bahwasannya kita ingin memberikan sesuatu buat desa krasak, kami mengusulkan pembuatan plang di setiaap gang didesa krasak dan pihak desa pun akhirnya menyetujui usulan pembuatan gang tersebut. Selain pembuatan dan pengecatan kayu plang gang, kami juga bekerja sama dalam rencana penyelenggaraan atau mendonasikan buku yang kami ajukan kepada siapapun melalui media sosial, dan alhamdulillahnya kami menerima paketan buku yang telah dikirim oleh pendonasi kepada kami.
Kode File                   : Cat/Jalan/Plang
Judul                          : Pengecatan Nama Gang
Informan                   : Pak Nur Cahya
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        : Selasa, 14 Agustus 2018/Jam 09-00 – 22.00
Plang telah tertulis semua nama gang yang sudah diberikan oleh pihak desa. Jumlahnya kurang lbih ada 26 gang yang akan di pasangkan plang. Kemudian sebagian dari kami mengecat tulisan gang itu sebagai contoh, dan beberapa sudah dicat, sebagiannya diselesaikan esok harinya.
Kode File                   :Latihan/Hidroponik/Evaluasi/81
Judul                          : Senam Di Sdn 03 Krasak, Pemgecatan Plang Jalan, Survey Tong, Latihan Upacara, Pelatihan Hidroponik, Evaluasi
Informan                   : Kepala Sekolah 03 Krasak,
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        : Rabu, 15 Agustus 2018
Setelah sebelumnya mengadakan senam di SDN 02 Krasak, lalu selanjutnya kami mengdakan senam di SDN 03 Krasak. Lalu pertama-tama pada pagi hari yang kita lakukan setelah bangun tidur, sarapan, dan mandi. Lalu kita melaksanakan senam di SDN 03 Krasak. Saat kami mengadakan senam di SDN 03 Krasak kami disambut dengan senang oleh anak-anak di SDN 03 Krasak, antusias anak-anak saat melakukan senam bersama kami. Setelah melakukan senam lalu kami pulang dan setelah itu kami melakukan pengecatan plang jalan untuk kenang-kenangan yang kami berikan kepada Desa Krasak ini. Selanjut nya perwakilan dari kami melakukan survey tong sampah, untuk kenangan pula tong sampah ini. Setelah pengecatan selesai lalu kami bergegas melakukan latihan upacara HUT RI yang ke 73 dilapangan walikukun Desa Krasak. Setelah semua kegiatan berakhir lalu pada malam hari kami melakukan pelatihan hidroponik bersama anak-anak di Desa Krasak. Antusias anak yang sangat semangat melakukan kegiatan pelatihan hidroponik bersama kami.
Kode File                   : Syukuran/Hut/Ri
Judul                          : Senam Di Sdn 01 Krasak, Penyerahan Plang Dan Tong Sampah, Gladi Bersih Upacara Hut Ri, Tasyakuran Hut Ri
Informan                   :  Kepala Sekolah Sdn 01 Krasak, Kepala Desa,              Ketua Dkm Masjid Al-Farhan, Bapak Tarsono Dan Ketua Karang Taruna
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        :Kamis, 16 Agustus 2018
Selanjutnya setelah melakukan kegiatan senam di pagi hari dan penyerahan tong sampah serta plang jalan siang hari, sore harinya kami melakukan kegiatan gladi bersih upacara HUT RI yang ke 73, sebagian dari kami yang mendapatkan tanggungjawab untuk menjadi petugas upacara HUT RI. Kegiatan gladi bersih upacara HUT RI ini dilaksanakan di lapangan walikukun Desa Krasak pada pukul 16.00 sampai dengan selesai. Pada malam hari nya kami diundang oleh karang taruna dan pemerintah desa untuk mengahadiri acara tasyakuran HUT RI yang ke 73.
Kode File                   : Upacara/Hut/73
Judul                          : Upacara Hut Ri Ke-73, Rapat Kepanitian Karnaval, Menjadi Juri Mewarnai Di Mdta, Dan Evaluasi Kelompok
Informan                   : Kepala Desa Krasak, Ketua Panitia, Panitia Lomba Mewarnai
Lokasi                        : Desa Krasak
Waktu                        :Jumat, 17 Agustus 2018
Pada pagi hari pada pada pukul 07.00 kami melakukan upacara HUT RI Ke-73 dilapangan walikukun, kami melakukan upacara sampai dengan selesai. Selesai upacara kami melakukan rapat untuk kepanitian karnaval untuk keesokan hari yang dilakukan dikontrakan laki-laki, rapat yang dilakukan setelah selesai upcara sampai dengan selesai pembahasan nya. Lalu pada siang hari nya perwakilan dari melaksanakan tanggungjawab kami sebagai juri mewarnai dan juri kaligrafi yang dilaksanakan di MDTA yang diwakilin oleh Nadya Nindy Pratiwi, Wati, dan Puri Yani Dewi. Kegiatan lomba mewarnai dilakukan pada pukul 14.00-16.00 WIB yang bertempat di MDTA. Selesai menjuri sealnjutnya kami pulang ke kontrakan.
Kode File`     : Karnaval/Krasak/Hutri
Judul                          : Silaturahmi Ke Tk Al-Hikmah Dan Berpartisipasi Dalam Acara Peringatan Kemerdekaan Ri Ke-73 Di Desa Krasak
Informan       : -
Lokasi            : Desa Lembarawa Dan Desa Krasak
Waktu            : Sabtu, 18 Agustus 2018
Hari Sabtu tanggal 18 Agustus 2018, ada satu tempat yang kami kunjungi yaitu TK binaan Ibu Novi, yaitu TK Al-Hikmah. TK ini terletak disebelah timur Desa Krasak. Adapun kunjungan ke TK Al-Hikmah bertujuan untuk mendonasikan buku yang telat didapatkan dari penggalangan buku yang telah di laksanakan oleh kelompok kami selama  7 hari, terhitung sejak 8 Agustus 2018 hingga 15 Agustus 2018. Tidak hanya buku, wall sticker dan tempat sampah juga didonasikan.
Kegiatan Karnaval Desa Krasak adalah agenda kami selanjutnya setelah makan bersama. Waktu tepat menunjukkan pukul 12.00, kami sekelompok tiba dikontrakan. Kemudian kami beristirahat sebentar karena pada pukul 14.00 akan disambung oleh acara karnaval di Desa Krasak. Acara karnaval ini merupakan salah satu dari serangkaian acara untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73.
Kode File       : Pentupam/Kkn81/Krasak
Judul                          : Penutupan Dan Pelepasan Mahasiswa Kkn
Informan       : -
Lokasi            : Desa Krasak
Waktu            : Senin, 20 Agustus 2018
Akhirnya 40 hari kami berada di Desa Krasak sudah berakhir. Sungguh semuanya tidak terasa karena memang rasa nyaman kian singgah pada kami. Tepat pada tanggal 20 Agustus 2018, kami harus kembali ke Cirebon, kembali menjalani aktivitas seperti biasa dan kembali menghadapi kegiatan-kegiatan yang sudah menanti untuk digiatkan. Ketika ada serah terima dari kampus ke desa ketika awal kami datang ke Desa Krasak, pun ketika saatnya pulang kembali diadakan serah terima dari desa ke kampus.
Pagi harinya, kami kembali sekelompok dibaagi menjadi 3 regu untuk bersilaturahmi ke SD Negeri Krasak 1, 2, dan 3 untuk menyerahkan kenang-kenangan dari kami, berupa CD yang berisi lagu-lagu senam yang biasa kami gunakan untuk mengisi senam di SD tersebut. Adapun lagu-lagu senam yang diserahkan adalah Senam Sipong, Senam Pinguin, dan Senam Maumere. Penyerahan CD ini juga kami tujukan agar anak-anak tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan senam seperti saat senam bersama kami.
Setelah selesai menyerahkan kenang-kenangan berupa CD dan beberapa buku, kami sekelompok kemudian langsung menuju balai desa karena Dosen Pembimbing Lapangan kami, Bapak Sugianto sudah datang untuk acara penutupan dan pelepasan mahasiswa KKN. Sambutan demi sambutan dihaturkan oleh beberapa perangkat desa, dosen pembimbing kami, dan ketua kelompok kami. Akhirnya, acara pada pagi hari menjelang siang itu ditutup dengan kegiatan halal bihalal kami sekelompok bersama dosen pembimbing kami dengan seluruh perangkat desa. Selesai-lah 40 hari kami di Desa Krasak, rasa sedih karena rasa masih ingin tinggal sebentar lagi disana harus dipendam karena kami masih harus tetap melangkah, menjalani kehidupan kami sebagai mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Yap! Life goes on. Semua tentang Desa Krasak pasti akan tetap terkenang.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Terakhir (Perihal Memilih Untuk Menyudahi)

Ada satu hal yang membuatku ingin terus membuka halaman per halaman. Menantangku untuk mengetahui sesuatu yang akan terjadi berikutnya. Tiap...